Sumurmunding

Sumurmunding—nama yang saya gunakan untuk blog ini—adalah nama dusun tempat tinggal saya. Dusun ini terletak sekitar 13 km dari pusat kabupaten Pemalang (ada yang ga tahu Pemalang itu di mana? :p) atau kira-kira 12 km dari jalur pantura. Jadi, bisa dibilang Sumurmunding itu letaknya cukup terpencil. Selain terpencil, sarana transportasi yang digunakan untuk menuju sumurmunding juga sangat minim. Dulu sebenarnya ada satu jalur angkutan khusus dengan tujuan Sumurmunding-Comal (pp). Namun, mungkin karena sepi penumpang, sekarang tidak ada angkutan yang beroperasi lagi. Selain keterbatasan dalam sarana transportasi, masih ada satu hal lagi yang cukup mengganjal. Masih berkaitan dengan transportasi juga, yaitu kualitas jalan desa yang sangat buruk. Dari dulu—sejak saya masih kecil atau bahkan sebelumnya lagi—jalan desa di sekitar Sumurmunding tidak pernah diaspal dengan aspal yang sesungguhnya. Dikatakan aspal sesungguhnya karena sebenarnya jalan Sumurmunding dan sekitarnya pernah diaspal hanya saja aspal asal-asalan. Sekarang diaspal, tiga bulan kemudian rusak. Mengenaskan sekali memang, tapi itulah kenyataannya (walaupun masalah kualitas jalan yang buruk sebenarnya bukan hanya terjadi di Sumurmunding tetapi sebagian besar jalan di Kab. Pemalang memang dalam kondisi yang rusak parah. Mungkin karena Kab. Pemalang tidak memiliki dana yang cukup untuk pembangunan infrastruktur jalan dan hanya mengandalkan dana bagi hasil dari pemerintah pusat).

Walaupun memiliki banyak keterbatasan, ada satu hal yang bisa membuat warga sumurmunding tersenyum, yaitu dibangunnya gedung SMP Negeri 4 Ampelgading. Keberadaan sekolah ini diharapkan semakin menambah gairah bagi anak-anak Sumurmunding khususnya untuk melanjutkan sekolah sehingga mereka bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan bisa merasakan jenjang pendidikan yang lebih tinggi-S1, S2, atau bahkan S3. Dengan demikian, diharapkan masa depan Sumurmunding dan warganya bisa lebih baik lagi . Amiiin…

13 thoughts on “Sumurmunding

  1. saya bangga menjadi salah satu bagian dari desa sumur munding,karena dari situlah saya bisa memahami arti kehidupan yg sesungguhnya….
    saya kecil di desa tersebut,walaupun dengan fasilitas yg ala kadarnya,saya masih bisa tersenyum lebar….!!!
    love u sumur munding

  2. tempat ku dilahirkan. desa yang masih alami. belum tercemari oleh polusi. kesederhanaan. masyarakatnya yang ramah. nuansa spiritual yang kental. walaupun ada di sumurmunding. walaupun disisi lain…banyak ketertinggalan, minim fasilitas dan segala keterbatasannya. semoga saja segala keterbatasan yang ada tidak membatasi generasi mudanya untuk berkembang.
    for brighter future of sumurmunding,..
    agenda mendesak februari 2012 :: butuh sosok yang berkapasitas untuk memajukan desa kita.

  3. Sumurmunding….nama yg agak aneh ditelingaQ tp jujur aq pngn tinggal disitu…sbnrnya q pengn pnya cita2″MASA DEPAN”distu tp dah sirna.dngn adany smp 4 ampelgading disumurmunding”MASA DEPAN”q akn trsenyum,gembira n brlari disna…”MASA DEPAN”q yg g bs q raih bs meniti masa depan disana…I always lope U”MASA DEPAN”q hehehe….jngn lp call me yach …*Q…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s