Banyak baca

Saya bukan termasuk orang yang betah berlama-lama membaca buku/paper/jurnal, apalagi dalam bentuk digital dan berbahasa inggris. Doooh… Sesuatu yang menyedihkan sebenarnya, karena dengan banyak baca akan semakin banyak pengetahuan yang didapatkan dan bisa jadi akan muncul-muncul ide untuk topik penelitian, inovasi, atau lainnya. Dan itu terbukti pada¬†saat diminta untuk membuat proposal penelitian, seolah-olah otak buntu, ga ada ide, dan akkhhh, sedih lah pokoknya.. #lebay

Di satu sisi membaca membuat kita menjadi semakin banyak tahu. Di sisi lain, dengan membaca ternyata juga kadang–kalo lagi sadar–membuat menjadi merasa bodoh, karena merasa hanya baru sedikit sekali yang diketahui, dan itu pun belum tentu menguasai betul/hanya sekedar tahu. Merasa bodoh di sini seharusnya tidak membuat menjadi minder sih, tetapi harusnya semakin memacu kita untuk membaca, semakin banyak, dan banyak.. tentang apa pun, walaupun dalam hal-hal tertentu nantinya bisa difokuskan ke sesuatu yang menarik menurut kita. Mungkin begitu…

Bandung, 26-12-2016

suichal signature

Yozora no Mukou (Beyond the Night Sky)

Lagu ini didapatkan beberapa waktu yang lalu ketika berselancar di Youtube. Masih belum ngerti sih isi lagunya apa, tapi musiknya lumayan enak–pelan, enak didengarkan di kala sepi ata ketika mengantuk. Berikut lirik lagunya.

[ti: Yozora no Mukou √ó YUI]
[length: 04:26]
[00:01.28]Yozora no Mukou
[00:08.05]
[00:20.31]Are kara bokutachi wa
[00:24.39]Nanika wo shinjite koreta kana
[00:29.94]Yozora no mukou ni wa
[00:33.94]Ashita ga mou matteiru
[00:40.11]
[00:50.66]Dareka no koe ni kizuki
[00:54.67]Bokura wa mi wo hisometa
[00:59.48]Kouen no FUENSU goshi ni
[01:04.47]Yoru no kaze ga fuita
[01:09.22]Kimi ga nanika tsutaeyou to
[01:14.45]Nigiri kaeshita sono te wa
[01:19.32]Boku no kokoro no yarakai basho wo
[01:24.25]Imademo mada shimetsukeru
[01:28.36]
[01:31.86]Are kara bokutachi wa
[01:35.80]Nanika wo shinjite koreta kana
[01:41.47]Mado wo soto akete miru
[01:45.72]Fuyu no kaze no nioi ga shita
[01:51.40]Kanashimi tte itsuka wa
[01:55.51]Kieteshimau mono na no kana
[02:01.00]Tameiki wa sukoshi dake
[02:05.19]Shiroku nokotte sugu kieta
[02:10.17]
[02:21.72]Arukidasu koto sae mo
[02:25.46]Ichi ichi tamerau kuse ni
[02:30.59]Tsumaranai joushiki nado
[02:35.20]Tsuguseru to omotteta
[02:40.01]Kimi ni hanashita kotoba wa
[02:45.24]Dore dake nokotteiru no
[02:50.06]Boku no kokoro no ichiban oku de
[02:54.97]Karamawari shitsuzukeru
[03:02.47]Ano koro no mirai ni
[03:06.65]Bokura wa tatteiru no kana
[03:12.21]Subete ga omou hodo
[03:16.33]Umaku wa ikanaimitai da
[03:21.81]Kono mama dokomademo hibi wa
[03:27.12]Tsuzuiteiku no kana
[03:31.86]Kumono nai hoshizoro ga
[03:35.67]Mado no mukou ni tsuzuiteru
[03:41.54]Are kara bokutachi wa
[03:45.34]Nanika wo shinjite koreta kana
[03:51.33]Yozora no mukou ni wa mou asu ga matteiru
[04:01.51]
[Catatan : copy paste lirik lagu ini ke dalam notepad, lalu simpan dengan ekstensi .txt atau .lrc atau langsung copy paste pada lyric editor minilyrics agar lirik lagu muncul pada saat lagu diputar pada winamp/program pemutar musik lain]

Menampilkan Daftar Tweet dengan PHP CodeIgniter

Postingan kali ini akan membahas bagaimana menampilkan daftar tweet pada view Codeigniter. Library yang digunakan pada postingan ini adalah Abraham TwitterOauth. Informasi yang ditampilkan dapat berupa timeline dari seorang user, daftar tweet sesuai dengan kata kunci pencarian, dan lain-lain. Pada postingan ini, informasi yang ditampilkan adalah daftar tweet sesuai kata kunci pencarian, yaitu #pemalang. Langkah-langkah yang dilakukan untuk melakukan hal tersebut adalah sebagai berikut:
1. Mendapatkan Consumer key dan access token. Caranya dapat dilihat di sini.
2. Download library Abraham TwitterOauth di sini.
3. Ekstrak library Abraham TwitterOauth yang sudah didonlot. Copy-kan empat folder hasil ekstrak (config, controllers, libraries, third_party) ke dalam folder Application dari Codeigniter.
4. Buka file twitter.php pada folder Application/config. Isikan consumer key dan access token yang didapatkan dari langkah 1.

config-twitterouath

Setting consumer key dan access token

5. Buat controller, misalkan dengan nama c_twitter.php. Adapun kodingnya adalah sebagai berikut.

<?php defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed'); class C_twitter extends CI_Controller { public function __construct() { parent::__construct(); $this->load->library('Twitteroauth');
// Loading twitter configuration.
$this->config->load('twitter');
}

function index()
{
$jumlah_tweet = 100;
$keyword = '#pemalang'; //kata kunci pencarian

//membuat koneksi ke Twitter API
$connection = $this->twitteroauth->create($this->config->item('twitter_consumer_token'), $this->config->item('twitter_consumer_secret'), $this->config->item('twitter_access_token'), $this->config->item('twitter_access_secret'));

//mendapatkan tweet
$data['tweets'] = $connection->get("search/tweets", ["q" => $keyword,"count" => $jumlah_tweet,"lang"=>"id"]);

$this->load->view('list_tweet_2',$data);
}

}

6. Membuat view untuk menampilkan daftar tweet sesuai dengan keyword dan jumlah tweet yang telah ditentukan. Kode dari view tersebut adalah sebagai berikut.

<?php if(!defined('BASEPATH')) exit ('No direct script access allowed');?>
<div id="main-content">
<div class='title' align="center">DAFTAR TWEET</div>
<table class='data' width='100%'>
<tr>
<th width='5%' align='center'>No</th>
<th width='15%' align='center'>Id Str</th>
<th width='15%' align='center'>Username</th>
<th width='50%' align='center'>Tweet</th>
<th width='15%' align='center'>Created At</th>
</tr>
<?php $no = 1; foreach ($tweets->statuses as $tweet)
{
?>
<tr>
<td><?php echo $no;?></td>
<td><?php echo $tweet->id_str;?></td>
<td><?php echo $tweet->user->screen_name; ?></td>
<td><?php echo $tweet->text;?></td>
<td><?php echo date('d-m-Y h:i:s',strtotime($tweet->created_at));?></td>
</tr>
<?php $no++; } ?></table>
</div>

Jika berhasil, tampilan dari kode tersebut adalah sebagai berikut.

daftar_tweet

Tampilan daftar tweet

suichal signature

(Seperti) Kuliah di Jepang

Sebagian dari kita mungkin memimpikan untuk kuliah di luar negeri, termasuk saya. Pada postingan terdahulu sekali, ada beberapa negara yang menjadi tujuan jika saya melanjutkan kuliah di luar negeri, salah satunya adalah Jepang. Tapi, kenyataan kadang-kadang tidak atau belum sesuai dengan keinginan. Alhamdulilah, saat ini saya sudah kuliah lagi, tetapi di dalam negeri. bukan di luar negeri. Tepatnya di salah satu kampus teknik di Bandung.
Saya memang belum berhasil mewujudkan keinginan saya untuk kuliah di Jepang. Namun, ada beberapa hal yang membuat saya seolah-olah saat ini sedang kuliah di Jepang, yaitu sebagai berikut.

1. Cuaca
Jepang merupakan negara yang beriklim dingin, bahkan bersalju. Bandung juga demikian. Walaupun tidak sedingin di Jepang, tapi dinginnya sudah lumayan membuat badan menggigil, apalagi jika waktu dini hari.

2. Lingkungan Kampus
Ada beberapa bangunan dan tempat di kampus saya saat ini yang menurut saya–yang belum pernah pergi ke Jepang– mirip dengan tempat di Jepang. Selain itu, di sini juga ada pohon yang–menurut saya–bunganya mirip bunga sakura di Jepang. Jika kurang percaya, berikut ada gambar penampakannya.

 foto-gedung-kampus-itb-fb-eni  foto-parkiran-itb-fb-deni
 sumber gambar: sini  sumber gambar: sini

3. Maudi Ayunda
Salah satu alasan saya ingin kuliah adalah agar bisa bertemu dengan Yui. Hubungannya dengan Maudi Ayunda apa? Yang jelas mereka bukan saudaraan, bukan tetanggaan juga, dan bukan teman sepermainan juga. Terus, apa hubungan mereka berdua? Yui adalah penyanyi yang bisa bernyanyi (pastinya) dan juga bermain gitar. Demikian pula Maudi Ayunda. Jadi, jika di Jepang ada Yui, maka di Indonesia, lebih tepatnya Bandung, ada Maudi Ayunda.

 yui  maudi-ayunda

suichal signature

Bukan Kebetulan

Kejadian 1
Sedikit mengingat-ingat kejadian setahun lebih yang lalu. Di tengah perjalanan naik motor dari Cempaka Baru menuju Bintaro, Tangerang. Karena belum tahu jalan menuju Bintaro, saya hanya mengandalkan papan petunjuk arah di sepanjang jalan. Sampai di sebuah lampu merah, saya mencoba bertanya kepada seorang pengandara motor lain.

“Mas, kalo mau ke¬†Bintaro lewat mana ya?”, tanya saya kepada pengendara tersebut.
“Lewat sana mas.. Saya mau ke Bintaro juga, mas ikuti saya aja”. Begitu kira-kira jawaban dari pengendara motor tersebut.

Wah, (bukan) kebetulan sekali.. Mendengar jawaban itu saya pun jadi sumringah karena tidak perlu repot-repot lagi melihat papan penunjuk jalan. Setelah itu saya pun mengikuti dari belakang si mas pengendara motor matic itu sampai di sebuah jalan sebelum Bintaro Plaza.
Alhamdulillah…

Kejadian 2
Beberapa minggu lalu, saya hendak menuju ke BEC untuk men-service laptop saya. Biasanya saya menggunakan Waze, salah satu jenis aplikasi penunjuk jalan. Namun, karena sedang tidak ingin menggunakan aplikasi tersebut, saya hanya coba mengingat rute jalan menuju BEC. Sampai di sebuah lampu merah di bawah jembatan layang, saya agak-agak lupa kemana arah jalan selanjutnya. Saya pun bertanya kepada pengendara motor di samping saya.

“Mas, kalo mau ke BEC lewat mana ya?” Tanya saya.
“Oh.. itu jalan depan belok kanan mas. Tapi saya mau ke RE Martadinata nih, ikut saya saja, nanti dari situ masnya belok kanan.” Begitu kira-kira jawaban si masnya.

Wah, (bukan) kebetulan sekali.. Saya pun membuntuti masnya sampai jalan RE Martadinata sebelum belokan ke BEC.
Alhamdulillah…


 Pelajaran yang dapat ditarik dari dua kejadian di atas adalah:

  • Tidak ada sesuatu yang kebetulan, semua pasti sudah ada yang ngatur.
  • Pertolongan itu bisa datang di saat yang tepat, kapan saja, tanpa disangka-sangka.
  • Asal niatnya baik, insyaAllah diberi kemudahan.

suichal signature