Membuat Daftar Singkatan pada Ms. Word 2013

Daftar singkatan biasanya dibutuhkan dalam membuat laporan/karya tulis. Untuk membuat daftar singkatan pada Ms Word 2013 dapat menggunakan beberapa cara, misalkan bookmark, index, atau mungkin cara lain jika ada. Pada postingan ini, cara yang digunakan adalah dengan menggunakan bookmark.

Untuk membuat daftar singkatan dengan menggunakan bookmark caranya adalah sebagai berikut.

1. Blok kata singkatan, kemudian pilih menu Insert–>Bookmark. Tambahkan kata tersebut pada bookmark.
daftar singkatan 1
2. Lakukan hal yang sama untuk singkatan lain.
3. Tempatkan kursor pada halaman daftar singkatan akan dibuat.
4. Pilih menu Insert–>cross-reference (atau bisa juga menu References–>cross-reference), akan muncul jendela Cross-reference. Reference type dipilih Bookmark, Insert reference to dipilih Bookmark text, pilih teks yang akan dimasukkan ke daftar singkatan kemudian klik Insert.
daftar singkatan 2
5. Masih di jendela Cross-reference, ubah isian reference to menjadi Page number untuk memasukkan pada halaman berapa singkatan tersebut muncul (dalam contoh ini adalah halaman pertama kali singkatan muncul).
daftar singkatan 3
6. Lakukan hal yang sama pada nomor 4 dan 5 untuk singkatan yang lain.
7. Jika ada perubahan, misalkan perubahan nomor halaman, blok semua daftar singkatan, klik kanan lalu pilih Update Field.
daftar singkatan 4

Referensi: ikayulpratiwi.blogspot.co.id/2013/05/menggunakan-cross-reference-pada.html

Jalan-Jalan Bandung

Bandung, Sabtu, 11 Maret 2017

Hanya ingin menuliskan aktivitas yang dilakukan seharian ini. Rencana awal mau ke Saraga, Kebun Binatang Taman Sari, dan jalan-jalan sekitaran Bandung. Dua rencana awal berhasil terlaksana, yang terakhir juga terlaksana, tapi ke daerah pinggiran Bandung, tepatnya ke Cibiru.

Diawali dengan bangun cukup pagi, kemudian shalat subuh. Selepas subuh nyuci-nyuci bentar, kemudian mengantar teman kos ke stasiun bandung, setelah itu baru meluncur ke Saraga. Ngapain ke Saraga? katanya sih di sana ada kolam renang dan untuk mahasiswa tarifnya lebih murah. Dan benar saja, setelah sampai sana, ada tempelan tarif renang dan untuk mahasiswa tarifnya adalah Rp5.000,-. Namun, pas mau beli tiket saya baru ingat kalo KTM saya sudah disita untuk suatu kepentingan tertentu. Jadilah saya bayar dengan tarif umum, yaitu Rp25.000,-. Lumayan juga, 5x lipat dari tarif mahasiswa. Namun, karena niat yang sudah bulat, ya ga apa2 juga sih.. sudah terlanjur sampai sana juga.

Mulai renang jam 7. Awalnya masih sepi, cuma ada beberapa orang, tapi makin siang makin ramai. Maklum sih, hari libur. Renang sekitar 1 jam lebih dikit dengan gaya itu2 saja, yaitu gaya punggung. Gaya renang ini menurut saya paling mudah. Mudah ambil nafas dan bisa sambil lihat langit juga. Gaya punggung yang dimaksud di sini tidak sama dengan gaya punggung yang terlihat seharusnya, yaitu renang gaya punggung dengan tangan melambai-lambai agar lebih mendorong tubuh ke depan. Alasannya sih karena memang ga bisa dan saya juga laki-laki tulen, bukan yang melambai :plakjal.

Jam 8 lebih selesai renang, kemudian pergi ke komplek Salman untuk sarapan. Selesai sarapan istirahat bentar kemudian menuju ke rencana kedua, yaitu Kebun Binatang Taman Sari (selanjutnya disebut bonbin). Saya berangkat ke sana mendekati jam 10. Bonbin ini terletak di samping sebuah kampus teknik di Bandung. Harga tiket masuknya Rp25.000,- per orang (usia di atas 3 tahun). Bonbin ini dari luar kelihatannya kecil, tetapi pas di dalam ternyata lumayan juga. Koleksi satwa di bonbin ini lumayan lengkap. Paling banyak sih unggas/burung, kemudian ada panda, harimau, singa, gajah, onta, rusa, buaya, tapir, kuda nil, dan banyak lainnya. Saya menghabiskan sejam lebih dikit untuk mengitari semua satwa di bonbin ini.

Selesai dari bonbin kemudian pulang ke kos. Setelah dhuhur browsing2 bentar, nyuci2 pakaian dikit, kemudian telpon teman SMA yang ada di Bandung. Namanya sama dengan penyanyi lagu lama, terdiri atas dua kata. Kata pertama terdiri atas 3 huruf dan kata kedua terdiri atas 7 huruf. Dua kata tersebut diawali dengan huruf yang sama (konsonan). Kemudian masing2 kata tersebut juga diikuti huruf yang sama (vokal). Kemudian kata pertama diikuti 1 huruf s dan kata kedua berturut-turut diikuti 1 huruf  l, 1 huruf y, 1 huruf a, 1 huruf d, dan 1 huruf i. Sudah bisa ditebak siapa namanya kan? Sebenarnya saya sudah lama ingin berkunjung ke tempat teman saya tersebut. Namun, karena satu dan lain hal, hal itu baru kesampaian hari ini. Dia (ternyata) tinggal di daerah Cibiru, dekat dari Bundaran Cibiru. Kalau sudah tahu dari dulu dia tinggal di situ mungkin saya akan lebih sering main2 ke tempatnya karena daerah Cibiru merupakan daerah yang selalu dilewati ketika berkendara dari Jatinangor – Bandung pp. Namun, begitulah akibat dari menunda-nunda suatu niat/keinginan, baru tahu dia tinggal di situ ketika mau meninggalkan Bandung. Akkhh..

Saya berangkat ke sana sekitar jam 3 kurang 1/4, kemudian mampir sebentar di Masjid Pusdai, kemudian melanjutkan perjalanan lagi melewati Jalan A Yani. Jalanan cukup macet dan memang biasanya juga macet sih, terutama jalan sebelum Terminal Cicaheum. Sekitar jam setengah 5 saya sampai di tempat teman saya tersebut. Lama tidak bertemu, tapi teman saya ini wajahnya tidak terlalu banyak berubah, tampak masih muda. Padahal dia saat ini sudah mempunyai 2 anak dan 1 istri. Karena lama tidak bertemu, banyak hal yang diobrolkan, dengan topik paling dominan adalah kabar dari kami (saya dan teman saya itu) dan teman2 lainnya. Teman saya ini perjalanan hidupnya cukup berkelok-kelok, tapi semoga ke depannya lebih baik lagi ya, keluarga sehat semua, dan tambah sukses, aamiin…

Di sela-sela ngobrol, jam 5 saya ditawari makan. Ya sudah, alhamdulillah sekali, kebetulan tadi siang saya belum makan :D. Selanjutnya kami ngobrol lagi, sampai jam stgh 10, saya pamit pulang. Perjalanan pulang relatif lebih lancar, tetapi hujan cukup deras menjelang jalan layang Pasupati. Jam setengah 11 saya sampai kosan. Hari ini hari yang cukup melelahkan, tetapi menyenangkan dan mengenyangkan. Alhamdulillah…

Banyak baca

Saya bukan termasuk orang yang betah berlama-lama membaca buku/paper/jurnal, apalagi dalam bentuk digital dan berbahasa inggris. Doooh… Sesuatu yang menyedihkan sebenarnya, karena dengan banyak baca akan semakin banyak pengetahuan yang didapatkan dan bisa jadi akan muncul-muncul ide untuk topik penelitian, inovasi, atau lainnya. Dan itu terbukti pada saat diminta untuk membuat proposal penelitian, seolah-olah otak buntu, ga ada ide, dan akkhhh, sedih lah pokoknya.. #lebay

Di satu sisi membaca membuat kita menjadi semakin banyak tahu. Di sisi lain, dengan membaca ternyata juga kadang–kalo lagi sadar–membuat menjadi merasa bodoh, karena merasa hanya baru sedikit sekali yang diketahui, dan itu pun belum tentu menguasai betul/hanya sekedar tahu. Merasa bodoh di sini seharusnya tidak membuat menjadi minder sih, tetapi harusnya semakin memacu kita untuk membaca, semakin banyak, dan banyak.. tentang apa pun, walaupun dalam hal-hal tertentu nantinya bisa difokuskan ke sesuatu yang menarik menurut kita. Mungkin begitu…

Bandung, 26-12-2016

suichal signature

Yozora no Mukou (Beyond the Night Sky)

Lagu ini didapatkan beberapa waktu yang lalu ketika berselancar di Youtube. Masih belum ngerti sih isi lagunya apa, tapi musiknya lumayan enak–pelan, enak didengarkan di kala sepi ata ketika mengantuk. Berikut lirik lagunya.

[ti: Yozora no Mukou × YUI]
[length: 04:26]
[00:01.28]Yozora no Mukou
[00:08.05]
[00:20.31]Are kara bokutachi wa
[00:24.39]Nanika wo shinjite koreta kana
[00:29.94]Yozora no mukou ni wa
[00:33.94]Ashita ga mou matteiru
[00:40.11]
[00:50.66]Dareka no koe ni kizuki
[00:54.67]Bokura wa mi wo hisometa
[00:59.48]Kouen no FUENSU goshi ni
[01:04.47]Yoru no kaze ga fuita
[01:09.22]Kimi ga nanika tsutaeyou to
[01:14.45]Nigiri kaeshita sono te wa
[01:19.32]Boku no kokoro no yarakai basho wo
[01:24.25]Imademo mada shimetsukeru
[01:28.36]
[01:31.86]Are kara bokutachi wa
[01:35.80]Nanika wo shinjite koreta kana
[01:41.47]Mado wo soto akete miru
[01:45.72]Fuyu no kaze no nioi ga shita
[01:51.40]Kanashimi tte itsuka wa
[01:55.51]Kieteshimau mono na no kana
[02:01.00]Tameiki wa sukoshi dake
[02:05.19]Shiroku nokotte sugu kieta
[02:10.17]
[02:21.72]Arukidasu koto sae mo
[02:25.46]Ichi ichi tamerau kuse ni
[02:30.59]Tsumaranai joushiki nado
[02:35.20]Tsuguseru to omotteta
[02:40.01]Kimi ni hanashita kotoba wa
[02:45.24]Dore dake nokotteiru no
[02:50.06]Boku no kokoro no ichiban oku de
[02:54.97]Karamawari shitsuzukeru
[03:02.47]Ano koro no mirai ni
[03:06.65]Bokura wa tatteiru no kana
[03:12.21]Subete ga omou hodo
[03:16.33]Umaku wa ikanaimitai da
[03:21.81]Kono mama dokomademo hibi wa
[03:27.12]Tsuzuiteiku no kana
[03:31.86]Kumono nai hoshizoro ga
[03:35.67]Mado no mukou ni tsuzuiteru
[03:41.54]Are kara bokutachi wa
[03:45.34]Nanika wo shinjite koreta kana
[03:51.33]Yozora no mukou ni wa mou asu ga matteiru
[04:01.51]
[Catatan : copy paste lirik lagu ini ke dalam notepad, lalu simpan dengan ekstensi .txt atau .lrc atau langsung copy paste pada lyric editor minilyrics agar lirik lagu muncul pada saat lagu diputar pada winamp/program pemutar musik lain]

Menampilkan Daftar Tweet dengan PHP CodeIgniter

Postingan kali ini akan membahas bagaimana menampilkan daftar tweet pada view Codeigniter. Library yang digunakan pada postingan ini adalah Abraham TwitterOauth. Informasi yang ditampilkan dapat berupa timeline dari seorang user, daftar tweet sesuai dengan kata kunci pencarian, dan lain-lain. Pada postingan ini, informasi yang ditampilkan adalah daftar tweet sesuai kata kunci pencarian, yaitu #pemalang. Langkah-langkah yang dilakukan untuk melakukan hal tersebut adalah sebagai berikut:
1. Mendapatkan Consumer key dan access token. Caranya dapat dilihat di sini.
2. Download library Abraham TwitterOauth di sini.
3. Ekstrak library Abraham TwitterOauth yang sudah didonlot. Copy-kan empat folder hasil ekstrak (config, controllers, libraries, third_party) ke dalam folder Application dari Codeigniter.
4. Buka file twitter.php pada folder Application/config. Isikan consumer key dan access token yang didapatkan dari langkah 1.

config-twitterouath

Setting consumer key dan access token

5. Buat controller, misalkan dengan nama c_twitter.php. Adapun kodingnya adalah sebagai berikut.

<?php defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed'); class C_twitter extends CI_Controller { public function __construct() { parent::__construct(); $this->load->library('Twitteroauth');
// Loading twitter configuration.
$this->config->load('twitter');
}

function index()
{
$jumlah_tweet = 100;
$keyword = '#pemalang'; //kata kunci pencarian

//membuat koneksi ke Twitter API
$connection = $this->twitteroauth->create($this->config->item('twitter_consumer_token'), $this->config->item('twitter_consumer_secret'), $this->config->item('twitter_access_token'), $this->config->item('twitter_access_secret'));

//mendapatkan tweet
$data['tweets'] = $connection->get("search/tweets", ["q" => $keyword,"count" => $jumlah_tweet,"lang"=>"id"]);

$this->load->view('list_tweet_2',$data);
}

}

6. Membuat view untuk menampilkan daftar tweet sesuai dengan keyword dan jumlah tweet yang telah ditentukan. Kode dari view tersebut adalah sebagai berikut.

<?php if(!defined('BASEPATH')) exit ('No direct script access allowed');?>
<div id="main-content">
<div class='title' align="center">DAFTAR TWEET</div>
<table class='data' width='100%'>
<tr>
<th width='5%' align='center'>No</th>
<th width='15%' align='center'>Id Str</th>
<th width='15%' align='center'>Username</th>
<th width='50%' align='center'>Tweet</th>
<th width='15%' align='center'>Created At</th>
</tr>
<?php $no = 1; foreach ($tweets->statuses as $tweet)
{
?>
<tr>
<td><?php echo $no;?></td>
<td><?php echo $tweet->id_str;?></td>
<td><?php echo $tweet->user->screen_name; ?></td>
<td><?php echo $tweet->text;?></td>
<td><?php echo date('d-m-Y h:i:s',strtotime($tweet->created_at));?></td>
</tr>
<?php $no++; } ?></table>
</div>

Jika berhasil, tampilan dari kode tersebut adalah sebagai berikut.

daftar_tweet

Tampilan daftar tweet

suichal signature