Transportasi Jatinangor – Pemalang

Jatinangor merupakan sebuah kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kita mungkin lebih mengenal Jatinangor karena di sini terdapat kampus IPDN (dulu STPDN). Selain IPDN, masih ada dua kampus lain yaitu ITB dan Unpad yang juga memiliki gedung di sini.

Saat ini saya sedang kuliah di salah satu dari ketiga universitas tersebut di atas. Mengingat jaraknya yang terlalu jauh dari tempat tinggal saya, Pemalang, maka saya sering melakukan perjalanan Jatinangor – Pemalang satu minggu atau dua minggu sekali. Berikut ini adalah beberapa alternatif transportasi yang dapat digunakan untuk menempuh perjalanan dari Jatinangor – Pemalang atau sebaliknya.

Travel Andis

Travel ini merupakan travel yang melayani perjalanan dari Bandung ke Cirebon, Indramayu, Tegal dan Pekalongan. Travel yang digunakan untuk tujuan Pemalang adalah Travel Bandung – Pekalongan. Tarif Bandung – Pekalongan adalah 140.000 rupiah dan ada kemungkinan untuk mendapatkan tiket perjalanan gratis jika kita sudah mengumpulkan 10 tiket dengan atas nama yang sama. Travel ini berangkat dari Jatinangor malam hari sekitar pukul 9-10 malam dan sampai Pemalang sekitar jam 3 pagi. Sedangkan dari Pemalang, travel ini berangkat sekitar pukul 8-10 malam dan sampai Jatinangor sekitar pukul 3-4 pagi.

Bus Goodwill

Saya baru pernah menggunakan bus ini untuk pulang dari Jatinangor – Pemalang. Bus ini sebenarnya adalah bus jurusan Bandung – Tegal – Purwokerto pp. Namun, saya sering menggunakan bus ini karena biaya yang terhitung murah (50.000,-) dan waktu tempuh yang cepat (+-5 jam). Bus yang sering saya naiki adalah bus yang lewat Jatinangor sekitar jam 8 malam dan sampai di Tegal kira-kira pukul 1 dini hari. Untuk melanjutkan perjalanan dari Tegal ke Pemalang dapat menggunakan bus kecil jurusan Tegal – Randungdongkal (turun di terminal Pemalang) atau dapat juga menggunakan bus dari Jakarta (walaupun ini agak sulit karena aturan dari PO bus jurusan Jakarta tidak membolehkan untuk menaikkan penumpang di tengah perjalanan).

Bus Bandung Express

Bus ini berangkat dari Pemalang mulai jam 10/11 malam sampai jam 3 pagi. Saya pernah menggunakan bus yang berangkat jam setengah 11 dan sampai Jatinangor sekitar pukul 4 pagi. Lumayan cepat karena bus ini tidak berhenti di rumah makan/terminal lainnya. Tarif bus ini dari Pemalang adalah Rp 110.000,-

suichal signature

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s