Menghitung jumlah cell yang berisi teks/string tertentu

Masih ada hubungannya dengan postingan sebelumnya, pada postingan ini akan ditampilkan bagaimana cara menghitung cell-cell dalam sebuah range tertentu yang mengandung suatu teks/string tertentu. Kalau dalam sql query kita menggunakan fungsi count dan like, dalam excel fungsi yang digunakan adalah countif. Formatnya sama dengan countif yang biasa, yaitu

= countif(range;kriteria).

Karena kriteria di sini yang digunakan adalah berupa teks, maka kita gunakan tanda ‘*’ yang berada di antara kata kuncinya, yang berarti kita akan menghitung cell yang berisi teks yang diapit tanda ‘*’. Jika tidak ada tanda’*’, maka kita hanya menghitung cell-cell yang tepat berisi kata/kriteria tersebut, tanpa ada imbuhan kata/teks di depan/di belakangnya.

countif kriteria dengan teks

 

 

Misalkan dalam range seperti di atas kita ingin menghitung jumlah cell yang berisi kata “mil”, maka fungsi yang digunakan adalah sebagai berikut.

=COUNTIF(A1:A4;”*mil*”)

Hasil dari fungsi di atas adalah 2 karena dalam range tersebut terdapat dua cell yang berisi kata “mil”, yaitu ac milan dan inter milan.
Sekian. Semoga bermanfaat.

suichal signature

7 thoughts on “Menghitung jumlah cell yang berisi teks/string tertentu

  1. hai kak , perknlkn sya dri pemalng , ya tptnya smurmnding itu , dan sya kbtulan llusan dri smp 4 amplgading itu , dan sy mlnjtkan sklh di smk kediri , salam kenal kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s