Tips Menghadapi Listening – TOEFL

Habis mengikuti les TOEFL Preparation dan mendapat beberapa tips dalam menghadapi ujian TOEFL bagian listening.

  1. Fokus pada yang dibicarakan oleh orang kedua karena sering kali soal yang ditanyakan berasal dari pembicaraan orang kedua. Tips ini hanya berlaku untuk conversation/percakapan yang hanya terdiri dari dua percakapan (1 pertanyaan+1 jawaban).
  2. Pilih jawaban yang memiliki sinonim dengan kata kunci yang ada dalam percakapan. Misalkan pada percakapan kita mendengar kata started working,  pada jawaban tidak ada/tidak mungkin ada kata-kata tersebut tapi terdapat sinonimnya, misalkan began a new job. (Karena Listening lebih menekankan pada pemahaman, bukan pada ingatan, jadi jarang  ada perulangan kata kunci pada percakapan dan jawaban).
  3. Hindari kata-kata yang terdengar mirip. Misalnya pada percakapan ada kata mail, pada jawaban mungkin ada kata male yang sangat mungin membuat kita–lebih tepatnya saya–terkecoh.

Itulah sedikit tips dari les TOEFL Preparation pertemuan kesatu. Intinya sih fokus dan bisa mendengarkan semua isi percakapan dengan jelas. Karena bagaimanapun, jika kita tidak mendengar dengan jelas percakapannya, tips-tips tersebut tidak begitu berguna, yang ada malah mengandalkan tebak-tebakan saja (aku banget ini :D).

Sebagai penutup: Practice makes perfect. Harus sering-sering latihan, karena bisa itu datangnya karena biasa. Yoshh… *Nasehat buat diri sendiri:mrgreen:

suichal signature

4 thoughts on “Tips Menghadapi Listening – TOEFL

  1. alhamdulillah yen apik..
    insyaallah akhir tahun prediksine.. dongane mawon yo, ben lancar, n dadi anak sik soleh/solehah🙂

    pengene cal.. meningkatkan kapasitas dan kapabilitas😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s