SILA MASJID

Sistem Informasi dan Laporan Keuangan Masjid (SILA MASJID) merupakan proyek kami (saya, mas ali, om eko, dan om yoga) pada mata kuliah RBPL di semester 5 yang lalu. Pada mata kuliah ini mahasiswa secara berkelompok diwajibkan membuat sebuah aplikasi berbasis web dengan menggunakan Java Servlet dan JSP.

Aplikasi ini diinspirasi dari sebuah website akuntansi online untuk perusahaan kecil dan menengah, kashoo.com. Pada website ini setiap pengguna dapat mendaftarkan perusahaannya dan melakukan proses akuntansi di dalamnya. Pada awalnya, kami ingin membuat website yang hampir sama dengan website kashoo.com, yaitu aplikasi akuntansi online untuk UKM di Indonesia. Namun, setelah mendapat masukan dari dosen, kami mengubah aplikasi yang kami buat menjadi aplikasi khusus untuk pembukuan keuangan masjid, aplikasi yang sepertinya masih jarang dibuat.

SILA MASJID semula dirancang hanya untuk pembukuan keuangan masjid. Namun, seiring dengan ide yang muncul di tengah jalan, SILA MASJID juga menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat informasi yang berkaitan dengan masjid dan informasi keagamaan lainnya.

Pada konsepnya, SILA MASJID adalah aplikasi online, yang berarti pengguna tidak perlu menginstall aplikasi ini di komputer masing-masing. Pengguna–dalam hal ini adalah masjid–cukup mendaftar untuk mendapatkan akun di SILA MASJID. Setelah terdaftar, baru pengguna dapat melakukan transaksi/aktivitas yang ada dalam SILA MASJID.

SILA MASJID terdiri dari dua halaman utama, yaitu halaman sebelum login dan halaman setelah login. Halaman sebelum login dapat diakses oleh semua orang sedangkan halaman setelah login hanya dapat diakses oleh pengguna yang sudah terdaftar.

hal.sblm.login

SILA MASJID : Halaman sebelum login

hal.stlh.login

SILA MASJID : Halaman setelah login

Aktivitas/transaksi pembukuan keuangan masjid dan pemuatan informasi keagamaan dilakukan di halaman setelah login. Pengguna harus mengisi referensi dulu meliputi Profil Masjid, Pengurus Masjid, Rekening, Penerima Dana, Donatur, dan Kode Transaksi. Jika pengguna sudah mengisi semua referensi tersebut, baru dapat dilakukan transaksi/aktivitas meliputi penerimaan, pengeluaran, persetujuan proposal, dan unggah berita. Hasil dari input pada transaksi berupa laporan keuangan masjid, yang kami sajikan dalam tiga bentuk, yaitu laporan ringkas, laporan penerimaan, dan laporan pengeluaran. Output yang lain adalah berita seputar masjid dan informasi keagamaan lainnya yang ditampilkan pada halaman sebelum login.

Sebagai catatan tambahan, aplikasi yang kami buat masih sangat sederhana sekali dan masih butuh banyak pengembangan. Pengembangan lebih lanjut terhadap aplikasi ini saya kira sangat bermanfaat mengingat aplikasi ini dapat memudahkan masjid-masjid dalam melakukan pembukuan keuangannya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat meningkatkan transparansi dalam pengelolaan keuangan masjid dan mempermudah masyarakat/jamaah masjid dalam memantau keuangan sebuah masjid.

Nambah : subversion SILA MASJID ada di sini.

[Hanya sebagai pengingat tentang hal-hal yang dilakukan selama kuliah dan nambah postingan juga tentunya😀 ]

suichal signature

7 thoughts on “SILA MASJID

  1. Nice Post Kawan.
    Menulislah sebelum terlupakan.😆
    Salam persahabatan selalu.😎


    Aku : Sip, salam kenal om…
    😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s