Membaca cepat

“Tanggung jawab yang ada lebih banyak daripada waktu yang tersedia”. Itu adalah ungkapan yang saya baca di kamar teman satu kosan waktu masih kuliah di Jurangmangu. Dalam hati saya berkata “Ah…masa’..”. Saya berkata seperti itu karena melihat keadaan saya sendiri waktu itu. Kuliah yang santai (walaupun di saat ujian dihantui setan DO sih…😀 ), tidak ikut organisasi apapun membuat saya bisa kebingungan di saat tidak ada kegiatan. Untuk mengisi waktu biasanya paling-paling nonton tivi, main komputer, dan main bola. Belajar atau baca buku hanya dilakukan ketika menjelang ujian. Kondisi ini berbanding terbalik dengan  kondisi teman satu kosan saya tadi. Dia mengambil jurusan yang menurut saya lebih sibuk dibanding saya dan juga tekanan DO yang jauh lebih besar. Selain itu dia juga aktif di organisasi kampus sehingga wajar saja jika kemudian dia harus pandai-pandai dalam mengatur waktu agar tetap –minimal– bisa lolos dari jurang degradasi dan tetap berorganisasi dengan optimal.

speed reading

Sumber gambar : http://www.selfhelptipsblog.org/

Setelah kuliah di Surabaya, saya baru merasakan bahwa ungkapan tersebut memang benar. Tugas kuliah yang menumpuk dan kadang-kadang pada suatu ketika (biasanya pada akhir semester) tugas terasa tidak ada habis-habisnya, membuat saya merasa tidak bebas, merasa diperbudak oleh tugas. Waktu yang ada begitu banyak tersita untuk mengerjakan tugas dan membaca-baca referensi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tanpa sempat membaca-baca hal-hal lain yang seharusnya juga perlu dipelajari. Di saat seperti inilah saya merasa perlu untuk memiliki kemampuan membaca cepat. Membaca sebentar tapi bisa langsung menangkap maksud dari yang dibaca ( bukan membaca sebentar kemudian cepat tidur lho ya… 😀 ). Kemampuan membaca cepat diperlukan agar dapat belajar banyak dan tahu lebih banyak dalam waktu yang terbatas. Tidak mudah memang tetapi harus dilatih dari sekarang.

============
Penilaian terhadap kemampuan membaca saat ini:
– Kemampuan membaca berita-berita olahraga (cepat)
– Kemampuan membaca status fb (cepat)
– Kemampuan membaca artikel di blog (lumayan cepat)
– Kemampuan membaca buku materi kuliah (tidak cepat)
– Kemampuan membaca buku materi kuliah berbahasa Inggris (sangat tidak cepat)

Nambah :  Yang punya tips tentang membaca cepat, bisa di-share di mari, terimakasih…🙂

One thought on “Membaca cepat

  1. kalau buku kuliah, biasanya kan ada bagian rangkumannya mas.. baca itu aja..
    nanti baru info lebih lanjutnya baca isinya, diloncat-loncat bagian yang penting aja


    Aku : Ok. Thanks buat tipsnya🙂

Leave a Reply

