Tugas Akhir…

Surabaya, 23 September 2011

Saat ini kami sudah memasuki semester 5. Pada semester ini kami mengambil 4 mata kuliah (16 SKS) : RBPL (6), BC (4), TKA (4), dan BI (2). Dengan hanya mengambil 4 MK sebenarnya kami dapat memilih jadwal kuliah yang memungkinkan kami libur lebih lama, misalkan Senin atau Jumat tidak ada kuliah sehingga kami dapat libur 3 hari setiap minggunya. Namun, karena kesulitan dalam memilih jadwal dan dosen yang sesuai, kami justru harus kuliah penuh selama lima hari, Senin sampai Jumat, di mana tiap-tiap hari dari Senin sampai Jumat jumlah mata kuliahnya adalah 1-2-1-2-1. Terlihat santai dan memang seperti itulah yang terjadi, paling tidak hingga minggu ketiga ini.

Meskipun kuliah semester 5 ini agak santai, tetapi kami juga harus memperhatikan salah satu MK yang akan kami ambil pada semester 6, yaitu Tugas Akhir (TA) atau jika di kampus lain mungkin disebut dengan skripsi. Untuk lebih meringankan tugas kami pada saat mengerjakan TA, pada semester ini kami diharapkan sudah membuat proposal final TA. Dengan begitu, pada saat semester 6 dimulai kami dapat langsung mengerjakan TA karena waktu efektif pengerjaan TA dihitung sejak proposal TA disetujui oleh dosen pembimbing (?).

Untuk membantu dalam pembuatan proposal TA ini, pihak jurusan sudah merancangnya dengan baik. Kami semester ini mengambil BI dan pada MK kuliah ini kami diminta untuk membuat proposal TA  setahap demi setahap sampai akhirnya pada akhir semester dihasilkan proposal TA final untuk tiap-tiap mahasiswa yang sekaligus dihitung sebagai final project mata kuliah BI.

Yang sedikit menjadi masalah adalah hingga saat ini kami–lebih tepatnya saya–belum menentukan permasalahan yang akan diangkat sebagai topik dalam TA. Namun yang jelas karena kami disekolahkan oleh kantor, maka TA kami pun harus yang berkaitan dengan kantor, yaitu menerapkan salah satu ilmu yang kami dapatkan di kampus untuk
memecahkan permasalahan kantor. Jadi, first thing first, yang harus dilakukan pertama kali saat ini adalah menentukan topik yang menarik dan sekiranya mudah dikerjakan. Tapi apa ya ???? Hmmm… :sokmikir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s