Android for Netbook

Ingin tahu seperti apa Android itu, begitulah yang saya rasakan setelah mengikuti Seminar dan Tutorial : Introduction to Android. Maklum saya tidak mempunyai gegaman yang menggunakan Android sebagai OS-nya. Kebetulan di seminar itu disebutkan bahwa ada OS Android yang digunakan untuk netbook, yaitu Android for Netbook. Hmmm…langsung saja deh saya cari-cari di internet dan berhasil juga donlot installer Android for Netbook. Ukurannya lumayan besar, yaitu197,99 MB.

Setelah itu saya langsung mencoba untuk menjalankan Android OS dari netbook saya. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, saya menjalankan Android dari mesin virtual menggunakan Sun VirtualBox. Saya mengalokasikan harddisk virtual sebesar 2 GB dan memori 256 MB. Tampilan awal pada saat memasukkan image file Android OS (booting dari CD) tampak pada gambar berikut.

Android : boot from cd
Dari gambar tersebut, terlihat sangat mirip dengan pada saat kita akan menginstall Linux. Hal ini bisa dimaklumi karena Android OS memang diadopsi dari Kernel Linux. Pertama sekali saya tidak langsung menginstall Android, tetapi mencoba terlebih dahulu menggunakan live CD-Without Installation. Pada saat proses booting terdapat semacam pesan error.
error boot Android

Proses booting dari CD tetap berlanjut tetapi pada saat Android tersebut berjalan ternyata tampilan pada layar sangat mengecewakan. Gambar dari menu-menu tidak terlihat jelas sama sekali. Saya kemudian mencoba lagi dengan booting live CD-VESA Mode. Hasilnya tampilan lebih bagus dan Android dapat berjalan lancar.

Setelah itu, saya mencoba menginstall langsung Android OS. Proses install-nya bisa dibilang sangat cepat, kurang lebih 5-10 menit. Setelah proses install selesai, saya langsung menjalankan Android dan ternyata berjalan normal, sama seperti pada saat menjalankan dengan Live CD-VESA mode.

Home Android for Netbook

Daftar menu Android for Netbook

Kemudian saya coba beberapa menu antara lain browser dan notepad. Browser dapat berjalan lancar walaupun agak lambat. Sedangkan untuk notepad, saya masih kesulitan untuk menggunakannya. Tidak ada tampilan baris menu seperti yang ada pada notepad yang ada di Windows. Secara keseluruhan,dari segi tampilan dan kelengkapan fitur-fitur terlihat Android OS masih kalah jauh dengan “Si Jendela”. Hal ini bisa dimaklumi mengingat Android memang saat ini lebih dikembangkan untuk perangkat mobile.


Nb : Bagi yang sudah mencoba mengutak-atik lebih jauh Android for Netbook, mohon share di sini ya…😀

 

4 thoughts on “Android for Netbook

  1. wah aku ra mudeng call
    iki blog e ical dudu yo.
    semangat kuliah cal
    mantap sekali
    eh ternyata ono blog roll ku je maknyus
    sip mudengku gor html ro css raono liyo he he
    huh

    • eh, ana om yudi….
      senang banget dikunjungi master wordpress ki…😀
      o ia maaf ga ngomong sik masang link webmu ng blogku iki, hihi….

    • durung bisa Zar, coz aku kan user biasa bukan programmer, he2…
      0 y, suwun ats knjungan k blogku sg g jelas iki ya…😀. Blogmu keren Zar…

Leave a Reply

