Kuliah di luar negeri, mungkinkah ???

Kuliah di luar negeri ??? Ngimpi kali ya…, terutama bagi saya yang–pada saat ini postingan ini di-publish–termasuk kelas menengah ke bawah, baik dalam hal ekonomi maupun kemampuan otak😀. Namun, keinginan untuk bisa melanjutkan kuliah di luar negeri tetap saja ada. Tidak mudah tentunya, tetapi tidak ada sesuatu yang tidak mungkin bukan ?

Ada beberapa negara yang masuk pilihan jika saya bisa kuliah di luar negeri, yaitu Jepang, India, Taiwan, dan negara tetangga kita : Malaysia.
1. Jepang
Alasan saya untuk kuliah di Jepang bisa dibilang geje (ga jelas-red). Saya ingin kuliah di Jepang karena di sana terdapat penyanyi favorit saya, Shimokawa Mikuni dan Yui. Jika saya kuliah di sana, ada kemungkinan bagi saya untuk melihat secara langsung seperti apa sih Mikuni dan Yui itu😀. Alasan lain yang lebih masuk akal yaitu karena kualitas pendidikan di Jepang yang memang sudah sangat terkenal di dunia. Hanya saja, dari yang saya baca dari artikel-artikel di internet, biaya hidup di Jepang sangatlah mahal sehingga biasanya mahasiswa yang kuliah di Jepang juga nyambi kerja untuk membantu membiayai kuliah mereka.

2. India
Berkebalikan dengan Jepang yang biaya hidupnya tinggi, biaya hidup di India bisa dibilang cukup murah, tidak beda jauh jika kita hidup di Indonesia. Selain itu, kualitas pendidikan India juga sudah diakui di dunia, terutama dalam bidang teknologi informasi, bidang yang pas dengan jurusan yang saat ini saya ambil.

3. Taiwan
Saya baru tertarik untuk kuliah di Taiwan setelah mengetahui bahwa beberapa dosen jurusan tempat saya kuliah saat ini melanjutkan kuliah di negara tersebut. Hal ini secara tidak langsung memotivasi saya untuk bisa mengikuti jejak mereka😀. Secara kualitas, jika melihat ranking top 200 universitas dunia, ada beberapa universitas di Taiwan yang tercantum di dalamnya, salah satunya adalah National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Hal ini menandakan bahwa kualitas universitas-universitas di Taiwan sudah diakui di dunia.

4. Malaysia
Negara tetangga kita ini dulu katanya belajar dari Indonesia. Namun sekarang mereka selangkah–atau mungkin beberapa langkah–di depan Indonesia, termasuk dalam hal pendidikan. Faktor kedekatan letak geografis, kemiripan budaya dan bahasa menjadi pertimbangan saya dalam memilih Malaysia sebagai salah satu tujuan kuliah.

Itulah negara-negara yang ingin saya tuju seandainya saya bisa kuliah di luar negeri. Saya berharap saya bisa mewujudkan keinginan saya tersebut di suatu hari nanti. Namun, terlepas dari itu semua, sebenarnya kuliah di Indonesia juga tidak jadi soal sih, apalagi kalo kuliahnya ga bayar😀. Toh, yang terpenting dari kuliah adalah ilmu yang kita dapatkan, bukan di mana kita kuliah, iya kan ?

5 thoughts on “Kuliah di luar negeri, mungkinkah ???

    • nek pingin jalan2 ke luar negeri ga sah kuliah kan jg iso fi, tinggal njaluk DL ae saka kantormu, hihihi….

Leave a Reply

