Seminar dan Tutorial : Introduction to Android

Surabaya, 30 September 2010

Pada hari ini, bertempat di Gedung Pasca Sarjana ITS Lantai 3 diadakan Seminar dan Tutorial : Introduction to Android. Acara ini berlangsung kurang lebih dari pukul 09.00 sampai dengan 15.00. Pembicara dalam seminar ini adalah Mardi Hendra (PR Indosat), Muhammad Irfan (Indosat), Andry (Pengembang Aplikasi Mobile), dan Ady Android (Developer Aplikasi Android).

Acara pertama pada seminar ini adalah paparan dari Bpk. Mardi Hendra dari PR Indosat tentang Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC ) 2010, yaitu sebuah kompetisi berbasis IT yang diadakan oleh Indosat. Tema IWIC 2010 ini adalah “Inovasi Wireless Yang Membuat Hidup Menjadi Lebih Mudah”. Kontes ini ditujukan untuk umum (siswa SMP/SMA, mahasiswa, dan jurnalis/media). Informasi lebih lengkap mengenai IWIC 2010 dapat dilihat di www.i-wirelessinnovation.com.

Acara yang kedua adalah paparan dari Bpk. Muhammad Irfan (kalau tidak salah dari Marketing Indosat). Materi yang disampaikan di antaranya adalah i-store, yaitu sebuah toko online yang dibuat oleh Indosat. Nantinya i-store ini akan menyediakan content-content berupa game free serta aplikasi-aplikasi lainnya.

Acara yang ketiga adalah penyampaian materi atau bisa juga disebut tutorial tentang Pengenalan Android OS yang disampaikan oleh Andry, seorang pengembang aplikasi mobile yang juga merupakan lulusan dari Jurusan Teknik Elektro ITS tahun 2001. Mas Andry adalah juara IWIC tahun lalu. Penyampaian materi pada bagian ini sangat menarik, selain karena materi yang disampaikan juga cukup bagus, juga karena cara dan gaya penyampaian materi yang juga bagus. Dengan gamblang dan jelas pemateri menyampaikan hal-hal yang terkait dengan Android OS. Beberapa bagian penting yang saya catat dari materi ketiga ini adalah :
>>Android OS merupakan modifikasi dari kernel Linux.
>>Andorid dikembangkan oleh Android Inc, yang kemudian diakuisisi oleh Google dan akhirnya dipegang oleh Open Handset Alliance (OHA).
>>Menekankan konsep openness yang tidak terbatas pada open source dan lisensinya.
>>codename versi OS menggunakan nama-nama makanan (urut abjad), yaitu : 1) Cupcake (versi 1.5); 2)Donut (versi 1.6); 3) Eclair (versi 2.0/2.1); 4)Frozen Yoghurt a.k.a Froyo (versi 2.2).
>>Ada dua jenis distribusi, yaitu Open Handset Distribution (OHD) dan Google Mobile Service (GMS).

Acara ketiga ini disampaikan hampir selama 1,5 jam dan karena begitu menariknya (terutama bagi orang-orang yang gaptek seperti saya :D), maka waktu selama itu tidak begitu terasa. Pada bagian akhir dari acara ketiga ini adalah pemberian souvenir bagi peserta seminar yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Mas Andry.

***Sekian***

Sebenarnya setelah acara ketiga ini, masih ada acara yang keempat, yaitu penyampaian materi tentang Pembuatan Aplikasi Android oleh Ady Android. Namun, karena ada kuliah, saya tidak bisa mengikuti acara keempat tersebut. Sayang sekali, padahal materinya sangat menarik😦.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s