Membuat Filter untuk Pesan Masuk pada Gmail

Seringkali kita—lebih tepatnya saya :D–kesulitan melihat banyaknya pesan masuk yang berisi notifikasi yang berasal dari Facebook ataupun situs jejaring sosial lainnya. Jika email yang kita gunakan bukan hanya untuk kepentingan Facebook saja, tetapi untuk kepentingan lain seperti kepentingan kantor, kuliah, atau kepentingan lain, maka kita akan kesulitan untuk membaca, membalas, atau menghapus pesan tersebut karena bercampur baur dengan pesan-pesan dari sumber lain. Untuk mempermudah mengatur pesan masuk ke inbox email kita, maka kita sebaiknya membuat filter untuk menampung secara khusus pesan-pesan yang berasal dari sumber yang pesannya paling sering masuk ke inbox Gmail kita. Adapun cara untuk membuat filter tersebut adalah sebagai berikut.
1. Pertama-tama kita harus login ke email kita. Setelah itu pilih tab Setelan atau Setting lalu pilih filter.
pilih setelan
2. Tuliskan asal/pengirim email yang akan kita filter pada bagian Dari, misalkan saja “Facebook” untuk memfilter pesan-pesan dari Facebook. Selain itu, isikan juga tujuan pengiriman email, dalam hal ini alamat email kita pada bagian Ke. Jika sudah klik tombol Langkah Berikutnya.
asal dan tujuan
3. Berikan tanda centang pada bagian Langkahi Kotak Masuk (Arsipkan) agar email yang kita filter tidak masuk juga ke inbox/kotak masuk.

4. Pilih label yang akan kita gunakan untuk menampung filter yang kita buat. Pilih Label Baru jika kita sebelumnya belum membuat label khusus untuk filter tersebut. Berikan nama pada label tersebut, terserah, sesuai keinginan.
pengaturan filter
5. Berikan tanda centang pada “Gunakan juga filter untuk percakapan ….” agar pesan-pesan sebelumnya juga ikut ter-filter ke label yang kita buat. Jika sudah tekan tombol Buat Filter.
buat filter
6. Hasil dari filter yang kita buat adalah terdapat label baru yang tadi kita buat yang berisi hanya pesan masuk dari Facebook.
hasil


Thanks buat Mas Alf** atas inspirasinya😀.

3 thoughts on “Membuat Filter untuk Pesan Masuk pada Gmail

    • haha…tulis ae fi gpp, men memperkaya bahan pustaka online *ngomong opo sih aku??? :D*
      multiple inbox y? lagi ngerti aku, thnks infonya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s