Thanks for hp mini

Alhamdulillah…akhirnya semester 2 sudah selesai juga. Walaupun sepertinya hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan keinginan, tetap saja patut disyukuri karena banyak hal baru yang didapatkan pada semester ini. Ada mata kuliah yang memang cukup mengecewakan, yaitu ALPRO 2. Dari enam kali ujian praktikum ngoding, tidak satu pun yang berhasil. Hahhh…pasrah. Mungkin itu yang hanya dapat saya lakukan. Semoga saja kekurangan di mata kuliah ALPRO 2 dapat ditutupi oleh nilai di mata kuliah yang lain. Amiiin…

Sedikit flash back, pada awal semester 2 ini saya membeli sebuah laptop baru, hp mini 210-1014, yaitu sebuah netbook yang menggunakan prosesor intel atom N450. Dengan netbook inilah saya mengerjakan berbagai tugas yang diberikan selama semester 2 ini. Alhamdulillah, tidak ada masalah berarti yang dihadapi. Hampir semua tugas—mungkin 99%–dapat saya selesaikan dengan bantuan netbook ini. Awalnya memang saya sempat kesulitan mengerjakan tugas menggunakan netbook ini. Dengan ukuran keyboard yang lebih kecil, jumlah tombol yang lebih sedikit, dan penyesuaian dengan pemanfaatan tombol fn  yang lebih sering digunakan membuat pengerjaan tugas menjadi agak lambat. Saya sempat kesal dengan kondisi ini dan menyalahkan kekurangan dari netbook ini. Namun, seiring dengan waktu yang berjalan, akhirnya saya sudah terbiasa dengan netbook ini dan pengerjaan berbagai tugas pun tidak menjadi masalah lagi. Memang, masih ada kekurangan tetapi hal itu memang bisa diterima mengingat spesifikasi dari netbook yang memang terbatas jika dibandingkan dengan notebook. Kendala yang cukup terasa adalah ketika saya mengerjakan tugas akhir mata kuliah sistem operasi. Pada mata kuliah ini, para mahasiswa diminta untuk membuat distro baru linux. Untuk lebih mengurangi risiko yang mungkin terjadi karena proses remastering, maka saya menggunakan virtualBox, program yang memungkinkan suatu sistem operasi berjalan pada sistem operasi lain sebagai host. Penggunaan virtualbox untuk remastering ini ternyata tidak berjalan lancar. Proses penginstalan linux begitu lambat. Pada saat linux sudah terinstal, menjalankan proses remastering pun berjalan sangat lambat sehingga saya akhirnya mengandalkan notebook teman yang memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Selain dari kendala di akhir semester kemarin itu, secara keseluruhan saya cukup puas dengan kinerja yang ditunjukkan netbook hp mini selama ini. Thanks for hp mini….

3 thoughts on “Thanks for hp mini

    • dulu waktu saya beli bulan februari 2,75jt di hi-tech surabaya mas…mungkin sekarang harganya sudah turun. Berminatkah?

  1. emm,,,ra2 baru beli netbook,, kok ra2 punya kendala di keypad yg sering ‘aneh’ dgn netbook ini yah? utk kasih tnda tanya(?) susah banget yah? smpe skr… ada yg tau caranya gak? trus,, program bluetooth udah teremove, ada yg tau caranya utk install ulang? thx yah…

Leave a Reply

