Distro EPRIMO : Japanese Multimedia for Indonesian Linuxers

EPRIMO adalah nama sebuah distro baru yang dibuat oleh sekumpulan mahasiswa Jurusan Sistem Informasi ITS Surabaya. EPRIMO merupakan singkatan dari Eko (Eko Supristiowadi), Panda (Harpananda Eka S.), RIzal (Ahmad Sahrizal), dan MOmon (Wahyudiono) yaitu nama dari anggota kelompok yang mengusulkan pembuatan distro baru ini. OS sumber yang dijadikan untuk menurunkan EPRIMO adalah Ubuntu-8.10 atau Ubuntu-9.10. Distro baru ini menekankan pada aspek multimedia, utamanya multimedia yang berkaitan dengan Jejepangan, seperti anime, manga, dan lain-lain. Tujuan dari pembuatan distro ini adalah untuk menjembatani keinginan pada pengguna Linux Indonesia sekaligus pecinta Jejepangan akan sistem operasi yang bersifat open source tetapi menawarkan fitur-fitur yang sesuai dengan hobi mereka berkaitan dengan budaya/bahasa Jepang.

Logo EPRIMO

Untuk membuat sebuah distro baru yang didasarkan pada distro Ubuntu, maka ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan, yaitu menghapus paket-paket yang dianggap tidak diperlukan dan menambah aplikasi-aplikasi baru sesuai dengan tema distro yang diinginkan, dalam hal ini multimedia yang berkaitan dengan Jejepangan.

Beberapa paket yang dihapus dari Ubuntu-8.10/Ubuntu 9-10 adalah sebagai berikut.

1. OpenOffice, karena menurut kami distro ini lebih menekankan pada aspek multimedia sehingga openoffice tidak terlalu diutamakan.

2. GIMP dan GIMP-data. paket ini nantinya akan digantikan dengan paket manga editor.

3. Semua game default.

Adapun paket software yang rencananya akan ditambahkan pada distro EPRIMO adalah sebagai berikut.

1. SCIM

untuk mengaktifkan input / output huruf Jepang di Linux

2. Manga Ubunchu

Manga bergaya Jepang dalam bahasa Inggris yang menceritakan tiga orang pelajar/mahasiswa Linux User tentang perbandingan OS dan menggunakan Ubuntu sebagai langkah terbaiknya.

3. Moho
Moho adalah sebuah apliasi animasi yang diciptakan oleh Lost Marble. yang sat ini berganti nama menjadi “Anime Studio”, tersedia bagi Windows, MacOSX dan GNU/Linux. Mudah untuk di set up pada Ubuntu.

4. Anime Studio Pro. X6
Aplikasi untuk menggambar dan mendesain animasi bergaya Jepang, bisa digunakan pada Linux – Ubuntu

5. DomDomSoft Manga downloader ver. 245
Sebuah aplikasi untuk mengunduh banyak manga dari situs dalam waktu bersamaan.

6. gWaei Japanese-English Dictionary 1.4.0 / Tomoe
software kamus untuk menerjemahkan bahasa Jepang ke Inggris dan sebaliknya.

7. Comix

Pembuatan distro baru EPRIMO ini merupakan proyek akhir dari mata kuliah Sistem Operasi (SISOP) dan dilakukan dengan melakukan remastering terhadap distro Ubuntu yang merupakan distro populer yang digunakan di dunia. Waktu pengerjaan dari proses remastering Ubuntu sampai dengan menghasilkan distro baru bernama EPRIMO ini dijadwalkan selama 3 minggu. Namun demikian, karena kurang lengkapnya repository paket-paket yang kami butuhkan kurang lengkap sehingga beberapa paket software yang sebelumnya kami rencanakan akan dipasang pada distro baru tidak digunakan. Kami mencatat, baru dua software yang berhasil kami install yaitu Comix, yang digunakan untuk membaca anime dan tomoe, yaitu software kamus Inggris-Jepang yang digunakan pada sistem operasi Linux. Kami menyadari bahwa banyak rencana yang kami susun sebelumnya tidak berjalan tidak sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, kami masih berusaha untuk mengembangkan lebih lanjut distro EPRIMO sehingga bisa mencapai tujuan yang kami inginkan, yaitu menyediakan alternatilf pilihan bagi para penggemar Linux yang juga gemar dengan hal-hal yang berbau Jepang.

Sekian. Terima kasih.

Regards,

– Ahmad Sahrizal a.k.a. Rizal/ 5209108707

– Eko Supristiowadi a.k.a. Eko/ 5209108716

– Harpananda Eka S. a.k.a. Pandadan/ 5209108717

– Wahyudiono a.k.a Momon / 5209108718

Animated Pictures Myspace Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s