GP PSI Semester Genap TA 2009/2010 : Aplikasi Rekam Medis Ver-1.0

GP merupakan kepanjangan dari Group Project, yaitu sebuah tugas kelompok dalam mata kuliah Pengantar Sistem Informasi di mana setiap kelompok diminta untuk membuat sebuah aplikasi atau website yang bertemakan small and medium enterprise (SME) atau rural development. Dalam tugas ini kami dari kelompok van Java membuat sebuah aplikasi rekam medis dengan nama “Aplikasi Rekam Medis ver-1.0”, yaitu aplikasi yang diperuntukkan bagi seorang dokter dalam mengetahui catatan/rekaman medis dari pasiennya. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Microsoft Access 2007. Walaupun aplikasi ini sangat sederhana, tetapi menurut pandangan kelompok kami cukup berguna karena output dari aplikasi ini dapat menggantikan rekam medis pasien yang selama ini berupa catatan manual pada sebuah kertas. Selain itu, dengan adanya aplikasi ini, user—dalam hal ini dokter–tidak kesulitan lagi dalam mencari data rekam medis karena sudah disediakan dalam database tersendiri di komputer.

Halaman depan Aplikasi Rekam Medis ver-1.0

Beberapa menu yang terdapat dalam Aplikasi Rekam Medis ver-1.0 adalah :
1. Input Data Pasien : menu ini digunakan untuk merekam data/informasi pribadi pasien pada saat pasien tersebut pertama kali dating ke klinik. Pasien nantinya akan mendapatkan nomor ID Pasien yang akan menjadi kunci dalam pencetakan laporan rekam medis.

2. Input Rekam Medis : menu ini digunakan untuk merekam data-data keluhan dan diagnosis serta obat yang disarankan oleh dokter. Gabungan antara data pasien dan data rekam medis akan membentuk laporan rekam medis yang dapat sekedar dilihat ataupun dicetak jika diperlukan.

3. Cetak Rekam Medis : menu yang digunakan untuk mencetak laporan rekam medis. Parameter utama yang digunakan untuk mencetak laporan ini adalah ID Pasien, yang berarti laporan ini hanya memuat data riwayat medis seorang pasien dari sejak pertama kali periksa sampai dengan data terakhir pasien tersebut periksa di klinik.

4. Keluar : digunakan untuk keluar dari aplikasi.

Demikianlah sedikit paparan kami tentang Aplikasi Rekam Medis ver-1.0 (bisa jadi ada Aplikasi Rekam Medis versi selanjutnya :D). Semoga bisa memberikan manfaat dan mungkin inspirasi untuk membuat sebuah aplikasi yang lebih canggih dan lebih powerful dibandingkan yang saat ini kami buat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s