Membuat daftar isi secara otomatis pada Microsoft Word 2007

Sebagai mahasiswa atau yang sudah kerja, kita mungkin sering mengalami kesulitan pada saat membuat daftar isi dari laporan atau tulisan yang kita buat. Padahal sebenarnya sudah terdapat fasilitas pada Microsoft Word yang dapat memudahkan kita dalam membuat daftar isi. Pada postingan kali ini, saya mencoba membahas bagaimana cara pembuatan daftar isi secara otomatis pada Microsoft Word 2007.

Untuk membuat daftar isi otomatis pada Microsoft word 2007 kita dapat menggunakan fasilitas outline bertingkat atau juga dengan menggunakan heading style. Pada bahasan kali ini kita menggunakan heading style. Langkah-langkah pembuatan daftar isi dengan heading style adalah sebagai berikut.

1. Letakkan kursor pada bagian dari dokumen yang kita buat dan pilih heading style sesuai dengan urutannya. Sebagai contoh judul bab kita pilih heading 1, terus judul subbab kita pilih heading 2 dan seterusnya. Untuk teks yang bukan heading kita pilih normal sehingga tidak akan dimuat dalam daftar isi yang nantinya akan dibuat. (keterangan : pada saat kita mengatur heading dari tiap bagian dokumen biasanya format teks akan berubah, tetapi ini tidak masalah karena kita dapat menyesuaikan kembali format teks yang berubah tersebut).

mengatur heading style

2. Jika semua bagian sudah diatur heading style-nya, letakkan kursor pada halaman tempat daftar isi akan dibuat lalu pilih menu References–>Table of Contents–>Insert Table of Contents.

Memasukkan daftar isi

3. Pada kotak dialog Table of Contents, lakukan pengaturan daftar isi yang akan kita buat, lalu klik OK.

Kotak dialog Table of Contents

4. Contoh hasil dari daftar isi yang dibuat tampak pada gambar di bawah ini.

Contoh hasil pembuatan daftar isi

5. Jika ada perubahan pada dokumen, seperti perubahan halaman atau yang lain, daftar isi dapat kita update untuk menyesuaikan perubahan tersebut. Caranya kita blok pada daftar isi, klik kanan dan pilih update field. Ada dua pilihan, yaitu Update Page Number Only jika yang akan diupdate hanya nomor halaman, dan Update Entire Table jika yang berubah keseluruhan daftar isi (teks dan nomor halaman).

Update daftar isi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s