Membuat Nomor Urut pada Laporan Access

Pernah kesulitan untuk membuat nomor otomatis pada Microsoft Access? Saya pernah…hehe…pusing ga tau gimana caranya. Awalnya saya pikir harus pake macro atau Visual Basic. Namun, setelah bertanya kepada mbah Google, ternyata untuk menambahkan nomor pada laporan Access tidak terlalu sulit. Caranya yaitu:

1. pada mode Design View, tambahkan text box baru dengan meng-klik ikon

2. Pada teks field, ketikkan “=1” (tanpa tanda petik).

3. klik kanan pada teks field tersebut kemudian pilih properties. Pada tab Data, baris Running Sum, pilih overall/overgroup.

4. Pindah ke mode Report View dan kita akan melihat hasilnya, yaitu angka terurut sesuai dengan banyaknya baris data.

sumber : http://www.mail-archive.com/belajar-access@yahoogroups.com/msg00300.html

22 thoughts on “Membuat Nomor Urut pada Laporan Access

  1. mo nanya, klo pembuatan nomor urut berdasarkan field tertentu gimana caranya ?misal satu pelanggan memiliki beberapa material bahan, trus mo ditampilkan di report nomor urutnya berdasarkan record pelanggan, tp record materialnya ikut juga dpt nomor urut, jadinya nomor urut berdasarkan semua record, padahal jumlah pelanggan cuma 2..ada yg punya solusinya ?

  2. Terima kasih, saya barusan mengalami hal yang sama dan ternyata blog anda membri aku solusinya… sekali lagi terima kasih

  3. ya aaaampuuuuun … jd seperti itu ya,terbiasa sok teu…pake rumus macem2…ternyata ama bill gate udah di siapin….makasih ama yg nyambungin ilimunya bill gates

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s