Akhir Semester I

Alhamdulillah…semester pertama aku kuliah di ITS selesai juga. Awal kuliah yang tidak mudah dan pada akhir semester kemarin juga banyak tugas yang cukup membuat pikiran puyeng. Namun, semua kerja keras yang telah aku dan 12 teman lainnya lakukan tidak berakhir sia-sia. Kami semua mendapatkan IP di atas 3. Alhamdulillah…benar-benar sebuah kegembiraan yang luar biasa. Aku sendiri cukup senang dengan hasil yang kudapatkan. Walaupun begitu aku tidak boleh cepat berpuas diri karena semester-semster selanjutnya pasti tidak lebih mudah dari semester pertama kemarin. Semester kemarin kuanggap sebagai awal yang baik dan membuatku semakin terpacu untuk lebih baik lagi di semester depan.

Mengenai IP yang kudapatkan sendiri sedikit ada kisah menarik—menurutku sih—yang mungkin bisa diambil pelajaran untuk ke depannya. Begini ceritanya….

Pada awal kembali masuk kuliah di ITS aku dengan semangat yang masih tinggi langsung bertekad untuk mendapatkan IP yang menurutku cukup tinggi. 3,6. Dengan pedenya aku memasang target itu dan sesuai dengan yang kubaca di buku “ The Secret” karya Rhonda Byrne aku mulai memusatkan pikiranku untuk memperoleh IP tersebut dan membayangkan seolah-olah aku mendapatkan IP tersebut. Namun, hari demi hari berjalan , ternyata aku tidak bias mempertahankan keyakinanku terhadap target awal IP-ku tadi. Aku mulai pesimis dapat memperoleh IP setinggi itu melihat pelajaran-pelajaran yang kudapatkan bias dibilang tidaklah mudah. Akhirnya aku pun menurunkan target cukup jauh dari target awal yaitu 3,4. Target ini kuanggap sedikit lebih realistis dan lebih masuk akal untuk dicapai. Namun, lagi-lagi aku berubah pikiran. Setelah kembali membaca buku “The Secret” aku mencoba meningkatkan lagi target IP-ku menjadi 3,5 tidak kurang tidak lebih. Sepertinya tidak mudah tetapi menurut buku ”The Secret” disebutkan bahwa jika kita menginginkan seseuatu, fokuskanlah pikiran kita kepada sesuatu yang kita inginkan dan hilangkan semua pikiran negatif yang kita anggap bisa menghalangi tercapainya keinginan tersebut. Dan itulah yang kulakukan sampai akhir semester kemarin. Aku berusaha meyakinkan diri bahwa aku bisa mendapatkan IP itu dan pada saat pengumuman IP keluar, ternyata aku mendapatkan IP yang sesuai dengan yang kupikirkan tadi. Tidak kurang tidak lebih.

Kesimpulan dari cerita tadi adalah jika kita bersungguh-sungguh untuk menginginkan sesuatu, yakinkanlah diri kita bahwa kita bisa mencapainya, fokuskan pikiran kita untuk mencapai tujuan tersebut, dan teruslah berpikir positif.

2 thoughts on “Akhir Semester I

Leave a Reply

