AGNA 2.1 – Graph Theory

AGNA (Applied Graph & Network Analysis) adalah aplikasi yang didesain untuk mengerjakan metode matematika yang bersifat khusus, seperti analisis jaringan sosial, sosiometri, dan analisis sekuensial. AGNA menggunakan platform java sehingga bisa beroperasi di sistem operasi yang berbeda. Prinsip kerja AGNA didasarkan pada Graph Theory (node, edge, dan lain-lain).

Untuk menjalankan program AGNA dapat dilakukan dengan double klik pada file Agna_2_1.jar (executable jar-file) atau Agna_2_1.exe. Contoh tampilan dari AGNA adalah sebagai berikut:

Untuk mengubah nama node dapat dilakukan dengan mengklik node-nya kemudian ubah nama sesuai dengan yang diinginkan. Nilai-nilai yang diisikan dalam kolom-kolom menggambarkan hubungan/jarak antara satu node dengan node lainnya. Sebagai contoh jika node itu adalah sebuah kota, nilai yang diisikan bisa berarti jarak antara dua kota tersebut.

Contoh network pada postingan ini mengambil dari hubungan antarmahasiswa Sistem Informasi kelas B Tahun Ajaran 2009/2010 pada saat mengerjakan homework assignment 4 (HA.04). Network ini menggambarkan kerja sama yang dilakukan oleh mahasiswa baik itu diskusi, mencontek, memberikan contekan, dan lain-lain😀 (di sini tidak terlihat perbedaannya karena edge/garisnya berwarna sama).

Untuk menganalisis network di atas, AGNA sudah menyediakan menunya, yaitu pada tab analisis. Di situ terdapat empat macam analisis, yaitu basic descriptions, distance, sociometric, dan centrality. Basic description menggambarkan informasi secara umum suatu network yang meliputi tipe jaringan, tipe data, jumlah node dan jumlah edge-nya. Sebagai contoh, pada network matdis HA.04 di atas tipe jaringannya adalah directed, tipe data binary, terdapat 65 node dan 95 edge.

Untuk jenis-jenis analisis lainnya saya masih kurang begitu paham. Namun, dari gambar network di atas terlihat bahwa dalam mengerjakan tugas matdis mahasiswa SI kelas B terbagi dalam beberapa kelompok. Ada kelompok yang berdiskusi/contek-contekan dengan beberapa mahasiswa saja dan bahkan ada yang bekerja sama dengan kelas lainnya. Untuk mahasiswa yang bisa dibilang dominan di sini adalah Sasa, karena dia memberi tahu (jawaban) kepada lima mahasiswa lainnya sedangkan dia sendiri tidak menerima penjelasan/jawaban dari luar.

Note: Mohon maaf apabila ada nama mahasiswa yang ditulis dengan x, y, z. hal ini bukan kesengajaan tetapi memang karena pada foto yang dijadikan sumber pengisian data network di atas  kurang begitu jelas namanya.

One thought on “AGNA 2.1 – Graph Theory

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s