After three months

Saat ini sudah masuk bulan Desember. Tak terasa sudah tiga bulan lebih aku dan 12 teman lainnya berada di Surabaya. Sedikit flashback dari awal perkuliahan sampai sekarang. Permulaan kuliah dulu dimulai tanggal 24 Agustus 2009, dan sudah masuk di bulan puasa. Cukup berat memang. Baru pertama kali datang di suatu tempat dan langsung puasa sekaligus kuliah yang menurutku–sangat jauh berbeda dari pada saat kuliah dulu di STAN. Bukan hanya jurusan/bidang yang diambil, tetapi juga sistem perkuliahan yang dijalankan. Terus terang saja, waktu kuliah dulu di STAN bisa dibilang santai dan sedikit sekali tekanan, kecuali pada saat ujian dan saat-saat menunggu hasil ujian keluar (di STAN menganut sistem DO). Namun, pada saat perkuliahan biasa, jarang ada dosen yang memberikan tugas/PR dan semacamnya. Pokoknya benar-benar santai. Hal ini sangat berbeda dengan yang terjadi pada saat kuliah di ITS sekarang. Tiap minggu selalu ada tugas dan –menurutku–tugas itu tidak mudah untuk dikerjakan jika kita jarang membaca atau belajar. Dan karena manajemen waktuku yang masih belum teratur sehingga aku masih sering pontang-panting dalam mengerjakan tugas tersebut. Terkadang ada tugas yang belum selesai tapi aku kumpulkan saja karena kurangnya waktu untuk membaca referensi atau materi kuliahan yang ada. Yahhh..begitulah sampai saat ini pun aku masih kerepotan dalam mengatur waktu untuk belajar.

Itu tadi mengenai perkuliahan. Tentang kondisi Surabaya sendiri di sini cuacanya sangat panas, dari pertama kali saya datang waktu tes wawancara sampai akhir bulan November kemarin. Puaaanase poll tenan rek…. Sampai-sampai waktu bulan puasa hidungku pernah meler karena tidak kuat dengan cuaca panas di sini. Hujan baru datang pada akhir-akhir November kemarin dan cuaca sekarang lebih bersahabat.

Begitulah sedikit cerita mengenai kondisi Surabaya dan ITS. Sekarang ini perkuliahan semester pertama sudah memasuki tahap akhir, semoga kami (saya dan teman-teman semuanya) bisa melalui semester ini dengan baik dan sukses. Amiiin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s