Seminar “Opera and The Web”

Hari ini, Selasa 17 Nopember 2009 pukul 12.30 bertempat di Gedung Pasca Sarjana diadakan seminar dengan tema “Opera and The Web”. Acara ini merupakan rangkaian tur kampus Opera 2009 ke 10 kampus di 5 kota di Indonesia. Dalam seminar ini tampil sebagai pembicara utama adalah Mr. Bruce Lawson dan Zibin Cheah dari Customer Product Management and Developer Relations Opera Software serta ada satu lagi pembicara tambahan yaitu Anisa Putri, seorang Indonesia yang bekerja di Kantor Pusat Opera di Norwegia.

Acara ini dimulai sekitar pukul 13.00 di mana pada sesi pertama Bruce Lawson mempresentasikan materi mengenai Web Standard. Bruce–kalo tidak salah berasal dari Inggris–merupakan pakar HTML5. Namun demikian, dia membawakan presentasinya dengan gaya yang santai dan sedikit kocak dengan kata-kata dalam bahasa Inggris yang cukup mudah dimengerti. Dia memaparkan pentingnya open web standar karena ini memungkinkan sebuah situs berjalan pada browser, platform, dan device mana saja. Dia juga menekankansebuah hal yang mendasar, yaitu pentingya menguasai HTML, CSS, dan Javascript, serta Media Queries (saya kurang paham yang satu ini :D) untuk bisa membuat sebuah web yang baik. Bruce memaparkan materi dengan sangat baik dan cukup mudah dimengerti. Sebuah bukti bahwa dia memang seorang yang ahli di bidangnya.

Lanjut ke sesi selanjutnya yaitu pemaparan dari Zibin Cheah mengenai sejarah Opera dan perkembangannya serta pembahasan mengenai SVG, Widgets, Opera Unite dan Opera Turbo. Zibin–berasal dari Malaysia–membawakan materi dengan menggunakan bahasa Melayu campur bahasa Inggris. Sesekali para peserta seminar tertawa mendengar bahasa Melayu yang diucapkan Zibin karena cukup aneh didengar di telinga orang Indonesia. Zibin menerangkan bahwa Opera bermula pada tahun 1994 dan diciptakan oleh seorang Norwegia (saya lupa namanya). Opera merupakan browser tertua saat ini (karena netscape sudah mati) dan berkembang dari tahun ke tahun. Yang terkini Opera tampil dengan nama “Opera Turbo” yang menawarkan kecepatan tiga kali lebih cepat dari sebelumnya serta “Opera Unite” yang memungkinkan kita men-share file/image tanpa harus mengupload-nya terlebih dahulu (penjelasan mengenai Opera Unite, SVG, dan Widgets ini mungkin teman-teman bisa cari artikelnya sendiri karena saya masih kurang paham betul, jadi takut salah tulis, he…).

Pembicara terakhir yaitu Annisa Putri. Dia menyampaikan materi seputar Opera Education dan juga memberi penjelasan mengenai lomba membuat aplikasi yang di-share di Opera Unite.

Sesi terakhir yaitu tanya jawab. Banyak peserta yang menyampaikan pertanyaan dan ini membuktikan bahwa mereka cukup antusias dengan materi seminar ini. Beragam pertanyaan diajukan baik seputar Opera maupun mengenai cara membuat website yang baik. Kedua pemateri juga menjawab pertanyaan dengansejelas-jelasnya dan dengan antusiasme yang tinggi juga. Setelah sesi tanya jawab selesai dan setelah pemberian kenang-kenangan untuk Bruce Lawson dan Zibin Cheah seminar ini pun selesai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s