Berangkat ke Jakarta

Lubuk Linggau-Bengkulu, 15 Mei 2009

Lanjutan dari cerita sebelumnya, hari ini adalah hari keberangkatanku ke Jakarta dengan tujuan untuk mengikuti ujian seleksi beasiswa s1 djpbn tahun 2009. Rencananya aku dan temanku menggunakan pesawat Batavia Air yang akan berangkat dari Bengkulu sekitar pukul 13.50 WIB. Biaya perjalanan untuk mengikuti seleksi tahap I, yaitu tes tertulis, ditanggung oleh tiap-tiap peserta. Karena biaya ditanggung sendiri, aku berusaha mencari harga tiket yang lumayan murah, dan yang kudapatkan adalah pesawat Batavia Air, maskapai yang belum pernah kunaiki sebelum ini.

Perjalanan dari Lubuklinggau ke Bengkulu sendiri biasanya memakan waktu 3-4 jam yang ditempuh dengan menggunakan travel. Aku sudah memesan tiket travel tersebut sekaligus saat membeli tiket pesawat di agen Tiara Tour&Travel (maaf bukan bermaksud untuk promosi :D). Rencananya travel berangkat pukul 08.30 tetapi waktu itu sudah lebih dari jam 08.30 dan travel yang kutunggu-tunggu belum juga nongol, telepon dari pihak agen travel pun ga ada. Akhirnya aku mencoba menghubungi agen travel katanya travel sudah berangkat dan aku diberinya nomor hp sopir travel tersebut. Untuk lebih memastikan lagi aku menelpon sopir travel. Namun, dia mengatakan kalo mobil yang membawaku bukan dia yang bawa tapi ada mobil lagi, mobil kuda (mobil yang mirip kuda? atau kuda yang mirip mobil? ah ga tau jg aku itu). wah, ada rasa khawatir juga nih takut-takut ntar telat tiba di bandara dan ketinggalan pesawat. Namun, setelah agak lama menunggu akhirnya sekitar jam setengah 10 travelnya datang juga dan langsung membawaku dan penumpang lainnya-laki-laki semua dan merokok semua kecuali aku- ke Bengkulu dengan sesekali dikepuli asap rokok yang cukup membuat sesak nafas.

Travel melaju tidak terlalu kencang. sekitar pukul 12 siang kami sudah masuk ke Bengkulu. Namun, begitu masuk ke Bengkulu ternyata di Bengkulu sedang hujan yang disertai angin. Hujan angin bertiup agak kencang sehingga terlihat pohon-pohon bergoyang-goyang dihempasnya dan banyak juga dedaunan yang jatuh berserakan di jalanan. Aku sedikit khawatir kalo-kalo pesawatku mengalami delay. Sebenernya aku tidak terlalu merisaukan juga bila pesawat di-delay karena mobil yang kunaiki sepertinya memang datang agak terlambat dan kalaupun delay sebentar nampaknya ga masalah. Jam 1.15 siang kami sampai di bandara, aku dan penumpang lain langsung check-in. setelah check-in aku langsung masuk ke ruang tunggu pesawat. Di sana aku ketemu dengan temen2ku,ratih dan amalia, dan 4 orang pegawai kppn curup (erwin,fajar,eka, dan mas jamhuri). Hujan yang dari tadi turun belum juga reda walaupun tidak terlalu lebat lagi. Tiba-tiba terdengar suara pengumuman bahwa pesawat yang harusnya mendarat di bengkulu ternyata dialihkan ke palembang. Ini berarti pesawat kami mengalami delay, pas dengan kekhawatiranku tadi.

Awalnya kami santai-santai saja mendengar pengumuman itu. Kami malah sempet ngobrol ngalor ngidul dan yang terpenting, belajar. Ya..masih sempet-sempetnya belajar di bandara. Pelopornya siapa lagi kalo bukan mba-nya yang menguasai prodip III kebendaharaan negara angkatan 2006. Kami asyik belajar sehingga waktu menunggu pesawat tidak terlalu terasa. Namun, saat itu jam menunjukkan pukul 16.00. wah, sudah sore nih, tapi kok ga ada kabar dari pihak bandara kapanpesawat yang kami tunggu-tunggu datang. Aku-atas inisiatif temenku-bertanya kepada petugas batavia air dan mereka menjawab bandara masih ditutup jadi pesawat belum bisa mendarat di bandara fatmawati soekarno. Padahal hujan di bandara tinggal gerimis saja tapi kok bandaranya ditutup, begitu pikir kami. Barulah sekitar jam 5 sore, ada pengumuman bahwa pesawat batavia air akan datang dari palembang dan berangkat dari bengkulu pukul 17.30. Dan benar, pukul 17.30, ga pas sih, lewat-lewat dikit pesawat yang ditunggu datang dan kami pun disuruh untuk segera naik ke pesawat. Setelah berbagai penjelasan mengenai tata cara menjalani penerbangan yang diperagakan pramugari, pesawat pun berangkat sebelum jam 6. Perjalanan udara bengkulu-jakarta memakan waktu sekitar 1 jam. Pukul 19.07 pesawat kami tiba di bandara Cengkareng dan sampailah kami di Jakarta, tempat berlangsungnya perjuangan kami untuk kembali berkuliah, kuliah gratis tentunya (suka banget barang gratisan sih… :D). Semangat…!!!

One thought on “Berangkat ke Jakarta

  1. Pingback: Sumurmunding’s Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s