Alhamdulillah bisa ikut seleksi beasiswa S1

Harapan itu masih ada. Kalimat tersebut bukanlah kampanye sebuah parpol. Kalimat tadi mengacu pada kesempatanku untuk kembali mengecap bangku kuliah. Sebagaimana pada postingan sebelumnya, pada awalnya angkatan kami, yaitu angkatan 2006 tidak diperbolehkan mengikuti beasiswa S1 karena syaratnya belum memenuhi, yaitu minimal sudah bekerja dua tahun per 1 Agustus 2009. Apabila masa kerja dihitung dari terhitung mulai tanggal (tmt) SK CPNS, memang angkatan kami masih belum bisa ikut seleksi karena baru 1 tahun 10 bulan yang berarti masih kurang dua bulan. Hal ini pernah saya tanyakan ke pusat dan jawabannya memang belum boleh karena masa kerja dihitung dari tmt SK CPNS.
Namun, ada sedikit keanehan terjadi. Sebagian teman kami yang diusulkan ternyata lolos dari seleksi administrasi. Kami yang tidak diusulkan pun hanya bisa bertanya “kok bisa lolos, padahal waktu kemarin nelpon katanya ga boleh”. Ada keinginan untuk kembali menelpon pusat menanyakan kenapa angkatan 2006 bisa diloloskan padahal waktu ditelpon sebelumnya ga bisa ikut seleksi beasiswa, Namun, keinginan itu masih kami pikir-pikir ulang karena takut akan mempengaruhi temen-temen yang sudah dinyatakan lolos ternyata malah tidak diperbolehkan mengikuti ujian tertulis beasiswa S1. Aku sendiri sudah pasrah dan menerima saja bahwa memang itu semua salah kami yang tidak berani membujuk pimpinan kami untuk mengusulkan kami mengikuti seleksi beasiswa S1.
Namun, setelah semua harapan untuk mengikuti seleksi beasiswa hampir menghilang, salah seorang temanku memberanikan diri untuk menelpon ke pusat (terima kasih banyak buat temen yang satu ini, kamu memang pemberani, ga seperti aku, penakut) menanyakan kebijakan mereka mengapa membolehkan angkatan 2006 untuk mengikuti seleksi beasiswa. Dan ternyata kata orang pusat memang angkatan 2006 diperbolehkan mengikuti seleksi beasiswa walaupun masa kerja bila dihitung dari SK CPNS masih kurang dari dua tahun, tetapi karena pengusulan CPNS kami yang terkendala berbagai hal sehingga baru keluar setelah setahun kami lulus-hal ini berbeda dengan kakak kelas kami yang pengangkatan CPNS-nya hanya berjarak 3-5 bulan dari kelulusan-angkatan kami dinyatakan boleh mengikuti seleksi beasiswa S1 dan mereka (orang pusat-red) menunggu usulan kami sampai dengan hari Senin, 11 Mei 2009. Dan seketika itu pula kami sampaikan kepada pimpinan kami dan beliau langsung memerintahkan kami untuk membuat usulannya. Kami pun membuat semua persyaratan yang diperlukan untuk usulan seleksi beasiswa sore itu juga. Memang bisa dibilang terlalu terburu-buru banget tapi ya itu, semangat kami memang kembali menyala (menyala? kayak api aja? hehe….-red). Untungnya pimpinan kami rela menunggu kami membuat persyaratan tersebut sehingga pulang agak kemalaman. Saya sendiri secara pribadi mengucapkan terima kasih untuk pimpinan kami. Hal terpenting dari kejadian ini adalah bahwa agar selalu berusaha memperjuangkan apa yang seharusnya memang menjadi hak kita, selalu berpikir positif, dan pantang menyerah untuk mengejar impian (maaf, kalo bahasanya agak berlebihan, haha…maklum lagi semangat sekaligus bingung, apa saja yang harus dipelajari).
Waktu pelaksanaan ujian tertulis sudah dekat, aku dan temanku harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, memanfaatkan waktu untuk belajar,insya Allah, dan yang terpenting selalu berpikir positif, karena katanya pikiran yang positif akan menarik pikiran positif yang lain. Begitulah. Semoga kami bisa mengikuti ujian seleksi beasiswa ini dengan lancar dan sukses. Mohon doanya ya…semoga kami lulus. Semangat yo…!!! Dan mengulang kembali kalimat di awal tadi, harapan itu masih ada, terima kasih ya Allah. Alhamdulillah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s