India : Bangkitnya Raksasa Baru Asia

Gambar diambil dari bukubuku.com

Judul : “Bangkitnya Raksasa Baru Asia Calon Pemain Utama Dunia di Era Globalisasi”
Penerbit : Penerbit Buku Kompas
Tahun Terbit : Maret 2007
Jumlah halaman : xxiv + 248

Ringkasan Isi Buku :

Jika kita menyebut India, mungkin yang paling pertama kita ingat adalah film-film India dengan industrinya yang terkenal dengan nama “Bollywood”. Film India dulu memang begitu populer di Indonesia. Film-film India mempunyai ciri khas yaitu panjangnya durasi film dikarenakan di dalam film-film India terdapat nyanyian dan lagu-lagu. Lantas, bagaimanakah wajah India sekarang?

Buku ini sedikit banyak menceritakan kepada kita bagaimana India bangkit dari semula negara yang biasa-biasa saja menjadi negara yang diperhitungkan dalam kancah perekonomian Asia dan dunia. Negara dengan penduduk sekitar 1,2 milyar dan menduduki peringkat kedua jumlah penduduk sedunia ini dulunya adalah negara yang miskin dengan banyak kelaparan di mana-mana. Namun, India sekarang ini berubah menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan bersama dengan China diperkirakan akan mampu menyaingi negara-negara maju di masa mendatang. Kemajuan ekonomi India utamanya ditopang oleh kemajuan dalam bidang teknologi informasi. India memiliki sumber daya manusia yang melimpah dalam bidang ini. Ditambah dengan upah tenaga kerja yang lebih murah dibandingkan dengan negara-negara lainnya, tak heran jika kemudian banyak perusahaan multinasional (MNCs) yang bergerak dalam bidang teknologi informasi menginvestasikan modalnya di India. Bangalore (sekarang bernama Bengaluru) dan Hyderabad merupakan dua kota yang memiliki perkembangan yang paling cepat dalam bidang teknologi informasi sehingga disebut sebagai Lembah Silikon dari India (Silicon Valley of India). Sektor lain yang memicu pertumbuhan ekonomi India adalah industri otomotif (TVS dan Bajaj merupakan dua merk kendaraan bermotor dari India yang sudah memasuki pasar Indonesia), farmasi, dan tentunya industri film.

Kemajuan yang dicapai India tidak terlepas dari liberalisasi ekonomi yang diberlakukan tahun 1991 pada masa Perdana Menteri PV Narasimha Rao dan Menteri Keuangan Manmohan Singh. Liberalisasi ini mengakhiri monopoli negara di banyak sektor dan mengizinkan investor asing menggeluti bisnis domestik. Faktor lain yang juga berperan penting dalam kemajuan India adalah sector pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang teknologi. Beberapa perguruan tinggi di India yang terkenal akan kualitasnya di bidang teknologi adalah Indian Institute of India (IIT), Indian Institute of Science (IISc), All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), dan National Institute of Technology (NIT).

Selain mengupas sisi positif dari kemajuan yang dicapai India, buku ini juga menghadirkan sisi gelap yang saat ini masih dialami India, seperti dampak polusi yang diakibatkan oleh limbah industri elektronik, kesenjangan antara daerah selatan dan utara, dan tingkat kekerasan yang masih tinggi serta masalah klasik, yaitu masih banyaknya warga miskin khususnya di daerah-daerah pedesaan. Semua fakta-fakta yang menarik disajikan dengan apik dalam buku ini dengan menggunakan bahasa jurnalistik yang ringan sehingga membuat buku ini enak dibaca pada waktu-waktu senggang. Jadi, jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai fakta-fakta menarik seputar negerinya Shahrukh Khan ini, baca bukunya langsung saja ya… .

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s